Cara Merawat Anakan Ayam dan Memberi Pakan Baik dan Benar



Untuk cara perawatan ayam bangkok sama halnya kita merawat ayam lainya. Namun tetapi ada beberapa perbedaan dalam melakukan perwatanya.


Jika kamu memulai merawat dari anakan, ada beberapa hal yang mesti harus di persiapkan contohnya seperti kandang. Kandang ini penting karena tanpa rumah tinggal kita sedikit sulit untuk merawat anak ayam tersebut, jadi kandang yang pertama yang harus di perhatikan.


1. Kandang Ayam.

Buatlah kandang dengan ukuran 100x50cm untuk panjang 100cm lebar 50cm dan tingginya 100cm kandang dengan ukuran segitu sudah cukup buat sebuah anakan ayam dan dapat menampung sebanyak 15 atau 20 ekor anak ayam.


Buatlah kandang ayam dengan tidak terlalu memakan banyak biyaya atau modal, lebih baik menggunakan kayu kaso bekas, atau bekas palet dan bambu kering atau kawat ram yang ukuran 1cm x 1cm dan paku 4cm atau paku 5cm dan paku ukuran 1cm.


2. Pakan dan Tempat Minum.

Setelah kandangnya sudah siap selanjutnya masukan anakan ayam tersebut ke dalam kandang dan jangan lupa siapkan tempat makan dan minumnya lalu simpan di dalam kandang.


Memberi makan pada anakan ayam cukup 1 hari 3 kali yaitu pagi, siang dan sore jangan lupa air minumnya di perhatikan dan ganti apa bila air minumnya sudah mulai keruh dan kotor.


3. Vitamin atau Suplement Ayam.

Biar ayam selalu sehat air minumnya ditambahkan dengan vitamin atau minuman suplement untuk ayam agar ayam dapat tumbuh dan sehat tanpa penyakit.


4. Kebersihan Kandang.

Bersihkan kandang dalam seminggu sekali. Ini penting karena kandang harus tetap bersih agar terhindar ayam dari penyakit


5. Vaksin Untuk Ayam.

Berikan vaksin untuk ayam dalam satu bulan sekali atau seminggu sekali, dengan memberi vaksin kepada ayam tujuanya agar tubuh dan kondisi ayam agar tetap terjaga dari virus maka dari itu lakukan vaksin. Ada beberapa merek vaksin ayam dan ada yang di lakukan dengan suntik dan ada juga yang di semprotkan langsng kepada ayam-nya untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa bertanya kepada toko unggas di daerah terdekat di kota kamu.


6. Ukuran Poor Pakan Ayam.

Untuk pakan-nya bisa memberikan dengan poor, apa bila ukuran ayam-nya masih kecil atau umuran dua minggu ukuran poor-nya harus di sesuaikan dengan usia ayam.





Jika ayam sudah terlihat besar silahkan kamu perhatikan disaat ayam sedang bermain, ayam bagus itu tingkah dan polahnya yang agresif maka dari itu coba perhatikan ketika ayam-ayam tersebut sedang bermain.


Selanjutnya pilih anatara ayam betina dan ayam jantan pisahkan dua jenis ayam tersebut, Jika ayam sudah tumbuh dewasa maka kamu harus menambah kandang, buatlah kandang lebih luas dari kandang sebelumnya. Dan pisahkan kandang untuk ayam jantan agar menjaga supaya tidak berkelahi dengan saudara saudaranya.


Sisakan ayam betina-nya dua ekor dan ayam jantan-nya dua ekor juga lalu untuk yang lain-nya kita dapat menjualnya. Karena ini hasil pertama maka keuntungnya tidak terlalu besar tapi setidaknya bisa menutupi biyaya atau modal yang sudah terpakai oleh modal kandang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Anakan Ayam dan Memberi Pakan Baik dan Benar"

Posting Komentar